Tehnik Mencegah Aksi Sniffing Pada Lalu Lintas Jaringan

Selamat datang di blog saya, pada kesempatan kali ini saya akan share ilmu saya kepada anda di bidang IT, yaitu bagaimana Mencegah aksi Sniffing Pada lalu lintas Jaringan. Sebelum kita bahas, mari kita simak apa itu Sniffing ? Sniffing (penyadap) dikenal sebagai Network Analyzers yaitu sebuah aplikasi yang dapat melihat lalu lintas data pada jaringan komputer.
Definisi singkatnya, sniffing merupakan penyadapan lalu lintas data pada jaringan komputer, dimana User adalah pemakai komputer yang terhubung dengan suatu jaringan lokal. Saat user mengirimkan email ke temannya, email tersebut akan dikirimkan dari komputer user melewati gateway internet pada jaringan lokal tersebut, kemudian diteruskan ke jaringan internet.
Dengan aktivitas Sniffing, email user otomatis dapat ditangkap / dicapture sehingga isinya bisa dibaca oleh orang yang melakukan sniffing tersebut. Bukan hanya email saja, tetapi seluruh aktifitas yang melalui jaringan lokal TCP/IP dapat di Capture/ ditangkap. Lalu bagaimana mencegah sniffing ini ? simak berikut ini.



Beberapa Tips Untuk Mencegah Sniffing

  • Tidak melakukan aktifitas yang sifatnya rahasia (misalnya, email, e-banking, chatting dan rahasia lainnya) pada suatu jaringan komputer yang belum anda kenal atau belum pernah anda gunakan, misalnya warnet atau kantor yang memiliki komputer sangat banyak yang dihubungkan dalam satu jaringan.
  • Anda harus mengenal orang-orang yang memegang komputer dalam jaringan tersebut. Kenalilah dengan baik, apakah mereka pengguna komputer biasa atau komputer yang memiliki pengetahuan programming (hacking).
  • Anda dapat mengganti semua HUB yang kita gunakan menjadi switch, tentunya ini bukan suatu hal yang mudah, namun dengan begitu minimal kita sudah sedikit menyusahkan penyusup untuk melakukan aksi sniffing dengan cepat dan mudah.
  • Gunakan protokol-protokol yang memiliki standart aman yang kita gunakan untuk melindungi informasi kita miliki seperti IPSec, SMB Signing, HTTPS, dan sebagainya.
  • Jangan gunakan Protokol POP3 dan SMTP karena protokol ini tidak aman untuk mentransfer informasi dalam bentuk text, hal ini akan mempermudah penyusup untuk melakukan sniffing.

Itulah beberapa tips untuk Mencegah aksi Sniffing Pada Lalu Lintas Jaringan. semoga dapat bermanfaat untuk anda. Jika anda pernah mengalami hal-hal seperti diatas, kirimkan komentar anda !!


EmoticonEmoticon