Melindungi Wireless Network Agar Tidak Mudah Di Retas

Selamat datang di Blog saya, pada kesempatan kali ini saya akan share pengetahuan saya pada clien-client yang membutuhkan di bidang IT. postingan kali ini menjelaskan bagaimana Melindungi Wireless Network Agar Tidak Mudah Di retas. Saat ini mengakses internet dengan wifi telah banyak digunakan di mana-mana. Wifi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk mengakses internet. Tapi harus anda ketahui, tanpa pengamanan yang tepat, koneksi wifi anda bisa di kontrol oleh orang lain sehingga koneksi wifi anda menjadi lambat. Dan lebih buruknya lagi, Wifi anda bisa digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan tujuan ilegal seperti kegiatan Hacking dan pencurian data-data lalu lintas.

Satu hal yang perlu anda ketahui, Sekuat apapun password tidak bisa menjamin keamanan 100%. Tetapi Anda bisa mencegahnya sedikit walaupun tidak bisa menjamin keamanannya.



 Berikut Tutorialnya :

  1. Mengenkripsi Router : Langkah nya sama seperti mengganti password router. Masuk pada menu setting, terdapat pilihan enkripsi WEP, WPA, dan WPA2. Pilih WPA2 untuk standart pengamanan yang paling baru pada router.
  2. Memakai MAC Filtering : artinya kita dapat membuat "while list" dari komputer yang mengakses wireless network kita. Metode ini tidak selamanya aman, karena para peretas mungkin melakukan sniffing paket lalu lintas dan mendapatkan MAC address yang valid dari salah satu user, dan kemudian menggunakannya untuk melakukan spoof.
  3. Memancarkan Gelombang pada frekuensi yang berbeda : memaki teknology 802.11b/g yang lebih populer adalah dengan memakai 802.11a. Karena 802.11a bekerja pada frekuensi yang berbeda yaitu frekuensi 5 GHz.
  4. Buatlah Password Yang unik pada Router : Hal ini akan mencegah orang lain mengakses router. Anda dapat dengan mudah mempertahankan pengaturan keamanan yang anda inginkan.

Sekian tips untuk tutorial melindungi wireless network anda, walaupun masih banyak cara lain untuk melindungi wireless anda, tetapi tidak menjamin keamanannya 100%.  Sekuat keamanan wireless apapun, masih dapat di bobol oleh para peretas.


EmoticonEmoticon